Es Batu Gratis

Hari ke 3 di bulan Ramdhan yang penuh berkah, masih di tempat KKP, dan masih belum puasa. Karena sedang tidak puasa, aku malees banget yang mau bangun buat sahur, ya iaaa lah…mau ngapain juga. Tapi seharusnya aku harus bangun buat masak untuk sahur temen-teman. Karena yang bertugas masak adalah aku dan Dewi. Pas masih siang atau sore, aku menyanggupi buat bantu dewi masak sahur. Tapi, pas saat sahur tiba, tetap saja aku ga bagun -hehehe maafin ya wi-
Meskipun aku tidak membantu masak ketika sahur, tapi aku tetap bantu masak kok buat buka puasa. Jadi tukang icip-icip #plaak. Lah…ini penting lho… agar masakan tetap terjaga cita rasanya -haha-. Selain tugas icip-icip, tugas pentingku yang lain adalah membeli es batu. Kenapa harus aku yang beli? Sebab jika bukan aku yang beli, maka dapat dipastikan es batu yang diharapkan tidak akan didapatkan.
Contohnya nih ya, pada hari pertama puasa aku dan 2 temanku bertanya dimana tempat penjual es batu karena di rumah kami tidak ada kulkas. Ibunya bilang ada di daerah cikamiri dekat pangkalan ojek. Mendapat info tersebut, aku memutuskan untuk mengirim sms kepada taufiq dan Ari agar mereka membeli es batu di tempat tersebut karena mereka naik motor. Sedangkan kami berjalan kaki dari kantor kecamatan. Namun, ketika sampai di rumah, mereka tidak membawa apa-apa, mereka bilang sudah nanya ke bapak-bapak di tempat pangkalan ojek dimana tempat pejual es batu, tapi bapak-bapak di sana bilang tidak ada tempat penjual es. Akhirnya aku lah yang mencari es batu ke rumah-rumah penduduk di dekat rumah kami. Dengan diantarkan seorang anak yang namanya Sofa, akhirnya kau mendapatkan es batu di rumah pak Jamal. Alhamdulillah….
Pada hari ke dua puasa aku meminta Ari untuk membeli es batu. Aku bilang kalo kemaren aku membeli es batu di rumah pak Jamal. Ketika kami menunggu es batu tersebut, tiba-tiba Ari datang tidak membawa apa-apa. Dia balilang udah pergi ke rumah pak Jamal, pas bilang mau beli es batu ibunya bilang tidak jual es batu. Akhirnya aku lah yang harus turun tangan, tapi aku tetap mengajak Ari untuk ikut agar dia tau tempat membeli es dan aku tidak perlu membeli esl lagi.

Pada hari ke tiga puasa, ketika telah hampir tiba waktu buka puasa, seperti biasa kami akan mencari es batu. Karena Ari sudah tau tempat penjual es kemaren, jadi dia lah yang bertugas membeli. Tapi, seperti biasa dia tidak membawa pulang es batu, dia bilang udah habis. So, aku lagi yang pergi membeli es batu dan tak lupa aku tetap mengajak si Ari agar selanjutnya aku tidak perlu beli lagi. Aku mengetok pintu rumah, lalu keluarlah seorang ibu yang sangat ramah. Ketika aku tanya apakah jual es batu apa tidak, si ibu langsung menjawab pake bahasa sunda sambil buru-buru masuk ke dalam rumah. Aku hanya bisa geleng-geleng tidak mengerti, Ari juga sama ga ngerti.
Ketika si Ibu masuk, keluarlah seorang bapak dengan muka yang sangat bersahaja. Beliau mempersilahkan kami masuk dan duduk, sedangkan si Ibu keluar rumah. Si Bapak mengajak kami ngobrol-ngobrol, beliau mengatakan agar kami mampir dan main-main ke rumah bapak tersebut setelah berbuka puasa agar bisa makan-makan, bapak tersebut baik banget dah pokoknya. Setelah sekitar 5 menit ngobrol, si Ibu datang sambil membawa es batu besar. Sambil terburu-buru, beliau masuk ke dapurnya untuk mengambil plastik. Pas aku tanya berapa harga es batunya, si Bapak dan si Ibu kompak menjawab “ga usah…bawa aja…wong Cuma air kok”…”wah..makasih pak, maaf merepotkan” jawabku. “jangan lupa main-main ya… biar bisa minum-minum dan makan-makan di sini”… “ia pak..makasih banyak… assalamualaikum

Pelajaran yang aku dapat dari pertemuan dengan keluarga tadi adalah, keihklasan sang Bapak dan Ibu dalam menyambut tamu. Padahal beliau tidak tahu siapa kami sbelumnya, tapi beliau menyambut kami dengan sangat ramah dan hangat. Inilah suasanakekeluargaan di desa, mungkin suasana tersebut sudah sangat jarang di perkotaan. 
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s