Impian yang Tercoret -PIMNAS 26-

IMG_6350 - CopyIni adalah impian lama bahkan sebelum aku menginjakkan kaki di perguruan tinggi. Aku masih ingat dulu, ketika adikku baru saja datang mengikuti kompetisi karya tulis ilmiah nasional pesta sains di Institut Pertanian Bogor (IPB). Dia dengan sangat antusiasnya bercerita tentang pengalamannya mengikuti ajang tersebut. Salah satu yang paling aku ingat dari ceritanya adalah dia bercerita tentang sebuah video yang menampilkan para mahasiswa duta IPB di ajang Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) dan IPB menjadi juara umum kala itu. ia bercerita bahwa pemberian penghargaannya diiringi lagu “we are the champion”. Dengan berapi-api dia berkata “bayangkan coba… dalam video itu aku liat mereka bangga sekali… pokoknya nanti aku ingin ikut PIMNAS”. Aku yang tidak ikut menonton vidoe itu, hanya bisa mengimajinasikan seperti apakah kespektakuleran ajang pimnas itu. secara diam-diam aku bisikkan dalam hati saat itu “Aku ingin ikut PIMNAS”.

Singkat cerita, aku diterima di IPB bersama adikku juga. Sebelumnya aku pernah menulis dalam blog ini bahwa aku pernah menulis impian-impianku (tepatnya 105 impian yang akan terus bertambah). Nah salah satu impian yang aku tulis dalam buku impianku adalah mengikuti ajang pimnas dan menjadi juara pimnas. Ikhtiar yang aku lakukan untuk mencapai impian ini adalah dengan membuat proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Tahun pertama, PKM kami tidak lolos didanai. Tahun ke-2, PKM kami lolos didanai tapi tidak lolos PIMNAS. Kemudian tahun ke-3, PKM kami lolos didanai dan lolos PIMNAS.

Pengumuman PIMNAS keluar ketika aku masih Kuliah Kerja Profesi (KKP) di Garut. Aku dan timku menjadi salah satu tim yang mewakili IPB dalam PIMNAS ke-26 yang diikuti oleh seluruh perguruan tinggi Negeri dan Swasta di Indonesia. Pertama kali mendengar bahwa aku dan teman-temanku lolos PIMNAS, aku sangat girang dan tak menyangka bahwa impian lamaku ini benar-benar tercapai. Memang benar pepatah yang disampaikan oleh seseorang kepadaku “tuliskanlah hal-hal baik yang ingin kau capai, karena itu akan menjadi doa untuk tercapainya impian-impianmu. Jikalau tidak tercapaipun, hal-hal baik yang kau tulis itu dapat memberikan pahala karena hal-hal baik yang diniatkan seorang muslim akan tercatat sebagai sebuah pahal baginya”.

??????????????????????????????? ???????????????????????????????IMG_6149 - CopyPIMNAS-26 dilaksanakan di Universitas Mataram, Lombok, NTB. Persiapan menuju PIMNAS cukup melelahkan. Banyak rangkaian presentasi dalam karantina menuju PIMNAS. Dalam proses karantina tersebut, aku teringat kembali akan inmpianku dulu, impian yang secara diam-diam aku bisikkan dalam hati pada diriku sendiri. Sebenarnya, aku tidak terlalu tertarik dalam dunia karya tulis ilmiah, namun karena aku dikelilingi orang-orang yang ahli dan konsen dalam bidang tersebut, sehingga aku menjadi terpengaruh untuk lebih mendalami bidang ini secara sungguh-sungguh. Akhirnya, karena pengaruh baik dari lingkungan, aku dapat meraih satu impian dulu itu dan secara otomatis daftar impian yang aku tulis untuk mengikuti PIMNAS aku coret karena telah tercapai. Namun, impian untuk menjadi juara PIMNAS belum tercapai karena pada PIMNAS-26 kemaren, timku belum berhasil memperoleh juara. Semoga apabila memang yang terbaik, tahun ini timku dapat memperoleh prestasi menjadi juara PIMNAS-27. Amiiin…. 🙂

Leave a Reply

