Pentingnya Latar Belakang

lbSebagai seorang yang menyukai dunia desain grafis (bagi yang mau melihat karyaku bisa dibuka di mauliadesign.wordpress.com) aku menyadari betul pentingnya latar belakang atau background. Aku tak tau ini berlaku bagi orag lain atau tidak, ketika harus membuat sebuah desain seperti poster, maka mood dan semangat akan semakin tinggi ketika background untuk poster terasa keren. Seolah perkara pembuatan poster telah selesai 75% ketika background telah selesai. Buatlah background yang keren dan dan kece, maka hasil desainmu pun akan demikiaan. Apakah kalian (para desainer grafis) juga merasa demikian?

Perkara latar belakang ternyata tak hanya berlaku di bidang desain grafis loh… dalam kehidupan juga berlaku. Misalnya dalam menentukan masa depan, seperti yang aku alami ini. Akhirnya… setelah mengalami kegalauan dan proses berpikir yang panjang, aku memutuskan benar-benar memilih untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2. Kenapa benar-benar? Apakah sebelumnya main-main? Tak berarti begitu juga si -hehe-. Setelah lulus dari S1, aku memang memutuskan untuk tak langsung melanjutkan ke S2, sebab aku ingin merasakan dunia kerja yang sebenarnya. Berbeda dengan adikku yang memang telah memiliki tekad  bulat dan kuat untuk melanjutkan ke S2. Maka setelah lulus, dia sambil lalu mencicil syarat-syarat untuk s2 dan mencari beasiswa, alhamdulillah… berkat doa dan usaha yang dia lakukan akhirnya dia mendapatkan beasiswa LPDP untuk melanjutkan s2 ke salah satu perguruan tinggi negeri berlambang gajah.

Aku memilih tak langsung melanjutkan S2 karena aku tak ingin melanjutkan pendidikan karena ikut-ikutan orang lain. Alih-alih melanjutkan S2 sedang banyak digandrungi, lalu aku latah mengikuti trend tersebut, aku tak mau. Atau fenomena pelarian diri misalnya, aku melihat fenomena beberapa orang yang melanjutkan S2 karena alasan ‘daripada nganggur’ yaudah S2 aja. Tentu aku tak mau mengeneralisasi orang-orang yang sekolah S2, ini hanya oknum saja yang kebetulan aku temui.

Ketika memutuskan untuk S2, maka  aku harus tau latar belakang aku melakukan itu, lalu setelah S2 mau kemana. Jika begitu, lantas apa yang membuatku memutuskan melanjutkan S2? apa latar belakangnya?. hm… baiklah akan aku ceritakan. Saat ini aku berkarir di lembaga zakat bernama Dompet Dhuafa. Lembaga ini telah banyak memberikan manfaat kepada banyak penerima manfaatnya. Baik di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, penanggulangan bencana, dll. Berkarir di tempat ini memberikanku banyak sekali pengetahuan dan pengalaman. Namun setelah hampir berkarir dua tahun di lembaga ini, aku merasa pengetahuanku masih sangat terbatas, aku butuh peningkatan kapasitas.

Lalu kenapa tidak pindah kerja saja? jika pindah kerja, pengalaman memang bertamah, tapi kapasitas diri belum tentu bertambah. Sebab bisa jadi hal-hal atau pekerjaan yang dilakukan akan tak jauh berbeda dari sebelumnya. Salah satu pertimbangan kuat kenapa aku memutuskan untuk melanjutkan pendidikan adalah agar pola pikirku dapat semakin luas, dapat melihat permasalahan tak hanya dari satu sudut pandang. Melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 dapat memberikanku kesempatan untuk bertemu, bersosialisasi dan belajar dengan orang-orang yang memiliki keilmuan dan pemikiran yang lebih kritis, lebih baik dan lebih berpengalaman. Nah, dengan belajar bersama mereka aku berharap pola pikirku akan semakin baik dan semakin luas dari sebelumnya.

Kalau hanya soal pola pikir, apa ia harus banget S2? ngga juga si, dalam kehidupan sosial lainnya juga bisa, namun dalam sekolah (termasuk S2) terdapat sistem yang fokus dalam hal yang ingin kita dalami secara khusus. Jadi, pola pendidikan sebenarnya menjadi sebuah media percepatan. Analogi lain misalnya, kenapa kita perlu sekolah TK, SD, dst…? sebab di sekolah ada sistem yang menghususkan kita untuk mempelajari hal-hal secara khusus. Di dunia luar mungkin dapat dipelajari juga, namun terlalu luas dan banyak error yang sebenarnya tak kita perlukan.

Latar belakan lainnya karena aku berniat untuk pulang ke kampung halamanku di Madura. Jika aku hanya mempunyai bekal pendidikan S1, aku merasa ilmuku belum ada apa-apanya, pun jaringan yang aku miliki masih sangat terbatas. Sedangkan untuk kembali dan membangun daerah, kemampuan bersosialisasi dan jaringan yang luas sangat diperlukan. Melalui ikhtiar S2 ini, aku harapkan nantinya ilmu yang aku dapatkan akan dapat aku aplikasikan, semakin meningkatkan kemampuan bersosialisasi dan penyelesaian masalah, serta semakin memperluas jaringan untuk bekalku membangun daerahku. Itulah beberapa latar belakang yang menguatkan tekadku untuk melanjutkan pendidikan S2.

Setelah dipikir-pikir ulang… memang semua dilandasi latar belakang ya. misalnya, ketika membuat skripsi, maka latar belakang juga merupakan hal yang sangat penting. Ketika latar belakang selesai, maka 50% skripsi terasa telah selesai -hehe-. Bahkan ketika orang mau menikah misalnya, salah satu hal yang dianggap penting adalah latar belakang -ia kaan?-. wow… ternyata latar belakang memang penting banget ya 😀

*mohon doanya ya teman-teman… semoga aku dapat memperoleh beasiswa untuk melanjutkan S2 ke luar negeri (pengennya ke Malaysia) amiin…

Advertisements

12 comments on “Pentingnya Latar Belakang

  1. Setuju banget, background sangat berpengaruh dalam hidup manusia karena backgroundlah yang mengumpulkan beragam perbedaan ke ‘dimensi’ yg sama.

    *Cmiiw 😁

    Break a leg mba 💪 may Allah make your dream come true..

  2. I’m a scholarship hunter too.. pengennya k Australia atau Inggris.. niatnya setelah lulus 3 tahun yg lalu mau langsung, tp terkendala krn dilema bayar tes IELTSnya mahal (gak yakin langsung bisa dapet score yg diinginkan) dan purposenya belum meyakinkan pemberi beasiswa.. kalau bisa sih sebelum usia 30 kita udah lulus s2, amiin

  3. semangat lailu, there is a will, there is a way. Allah nggak pernah tega kok membiarkan hambanya yang telah benar-benar berikhtiar dan lantas berdoa dengan penuh harap serta kepasrahan padanya, pulang dengan tangan hampa. pasti akan ada ‘oleh-oleh’ yang akan kamu bawa. kata ustadz pas kajian begitu, Allah itu nggak tegaan. keep fighting!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s